Kepulauan Togean: Sepenggal Surga di Teluk Tomini

Togean adalah gugusan kepulauan sepanjang 90 km yang terletak di Teluk Tomini, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah. Luas keseluruhan diperkirakan sebesar 755 km². Daerah ini ini dibagi menjadi 2 kecamatan, yaitu Kecamatan Una-Una dan Kecamatan Walea Kepulauan.

Karakteristik pulau-pulau di Togean tergolong unik, karena berasal dari bukit-bukit batu gamping (karst) hasil karya hewan karang purba.

Setelah melalui proses geologi yang rumit selama jutaan tahun, dasar lautan dangkal dimana karang purba hidup mulai mengalami pengangkatan sedikit demi sedikit hingga membentuk Kepulauan Togean sebagaimana yang dapat kita lihat saat ini.

Peta Kepulauan Togean-dody94.wordpress.comGambar. 1. Letak Kepulauan Togean.

Kepulauan Togean terdiri dari beberapa pulau besar yang dikelilingi sekitar 66 pulau-pulau satelit. Batudaka, Togean dan Talatakoh adalah 3 pulau terbesar dan berdekatan yang dipisahkan oleh selat sempit. Dua pulau pertama masuk dalam wilayah Taman Nasional Kepulauan Togean.

Waleakodi dan Waleabahi membentuk gugusan pulau di sisi timur. Una-una, terpisah jauh di sisi barat laut sekitar 30 km dari Batudaka. Gunung Colo (407 m) yang dikategorikan sebagai gunung berapi aktif, mendominasi lansekap Pulau Una-Una.

Peta Togean-1

Gambar 2.  Peta Kepulauan Togean. Sumber: starfish.ch.

Kepulauan Togean memiliki keragaman habitat yang tinggi, mulai dari hutan perbukitan, hutan tropis dataran rendah, hutan pantai, hutan mangrove, danau, air terjun, padang lamun dan terumbu karang.

Satu-satunya ekosistem terumbu karang yang paling lengkap di Indonesia juga hanya dapat ditemukan di Kepulauan Togean. Berbagai tipe ekosistem seperti karang tepi (fringing reef), karang penghalang (barrier reef), karang cincin (atoll),  dinding karang (reef wall) dan gua bawah laut dijumpai di Togean.

Gunung api yang masih aktif dapat dikunjungi di Pulau Una-una. Keberadaan danau yang dihuni ubur-ubur tanpa sengat di sisi utara Pulau Togean, menambah keistimewaan kawasan ini.

Dari hasil survei yang dilakukan oleh Conservation International (CI), Allen dan Mc Kenna (2001), melaporkan bahwa di Kepulauan Togean ditemukan sebanyak 262 spesies terumbu karang, 555 spesies moluska dan 596 spesies ikan karang.

Hartini dan Wawangningrum (2002), mencatat sebanyak 322 jenis tumbuhan darat seperti paku, semak, anggrek dan pohon, tumbuh di hutan sekitar Wakai. Beberapa spesies langka dan dilindungi seperti lumba-lumba hidung botol, sapi laut (duyung), buaya muara dan ketam kenari masih dapat ditemui.

Togean 1-dody94.wordpress.comGambar 3. Kepulauan Togean. Searah jarum jam: nelayan, rangkaian pulau-pulau kecil, terumbu karang dan perkampungan suku Bajo. Sumber: dokumentasi pribadi.

Keindahan Kepulauan Togean terletak pada lansekap pantainya yang mempesona. Hamparan pasir putih di tepi tebing karang yang tinggi menjulang,  gradasi warna air laut dari hijau tosca ke biru, rangkaian pulau-pulau mungil yang terbentuk dari bongkahan karang, deretan rumah suku Bajo dan hilir mudik perahu bercadik milik nelayan berpadu membentuk harmoni alam yang indah.

Pemandangan bawah lautnya pun tak kalah memukau. Terumbu karang beraneka warna diselingi anemon, sponges, karang lunak dan alga membuat pengunjung betah untuk bersnorkeling dan menyelam berlama-lama.

Sebagian besar penginapan (resort/cottage) dan penyedia alat selam (dive center) di Kepulauan Togean terletak di pulau-Pulau satelit yang berukuran kecil. Beberapa diantaranya yang sangat terkenal di mancanegara adalah Pulau Kadidiri, Poyalisa dan Pangempang.

Pulau-pulau lain yang juga menjadi tujuan wisata adalah Bolilanga, Taupan, Tongkabu, Malenge, Papan, Langkara dan Taoleh.

Beberapa lokasi  cottage di Kepulauan Togean, diantaranya adalah Island Retreat di Bomba, Pulau Poyalisa, Black Marlin di Pulau Kadidiri dan Fadhila di Pulau Pangempang.

Retreat Island-dody94.wordpress.comGambar 4. Resort Island Retreat di Bomba. Sumber: dokumentasi pribadi.

Retreat Island adalah sebuah cottage miliki orang Amerika yang terdapat di Bomba, pesisir barat Pulau Batudaka.

Poyalisa Island-dody94.wordpress.comGambar 5. Pulau Poyalisa di Bomba. Sumber: dokumentasi pribadi.

Pulau Poyalisa di Bomba memiliki konsep penataan cottage yang unik karena rumah penginapan dibangun di atas rangkaian pulau-pulau berukuran sangat kecil yang terbentuk dari barrier reef.

Kadidiri Island-dody94-wordpress-comGambar 6. Black Marlin Cottage dan Pondok Lestari di Pulau Kadidiri. Sumber: dokumentasi pribadi.

Kadidiri adalah pulau yang paling terkenal di Kepulauan Togean. Disini terdapat 3 cottage dan resort besar yang saling berdekatan yaitu Kadidiri Paradise Resort, Black Marlin Cottage dan Pondok Lestari. Persediaan air tawar relatif terbatas.

Pangempang Island-dody94.wordpress.comGambar 7. Fadhila Cottage Pulau Pangempang. Searah jarum jam: pemandangan saat matahari terbit (sunrise), anggrek liar Cymbidium finlaysonianum, dermaga Fadhila cottage dan bakau Sonneratia caseolaris. Sumber: dokumentasi pribadi.

Pulau Pangempang menjadi salah satu tempat favorit bagi turis mancanegara untuk menginap dan menyelam. Cottage ini memiliki bangunan penginapan sebanyak 18 buah dengan pasokan air tawar yang memadai dari Pulau Katupat selama 24 jam. Cottage ini juga menyediakan tempat penyewaan alat selam yang dikelola oleh Togean Dive Center.

Danau Ubur-Ubur Togean-dody94.wordpress.comGambar 8. Danau Ubur-Ubur Pulau Togean. Searah jarum jam: ubur-ubur tanpa sengat, tepian danau, ubur-ubur Mastigias papua ? dan di dermaga danau. Sumber dokumentasi pribadi dan kakabantravelservices.blogspot.com (foto ubur-ubur).

Sekitar 20 menit perjalanan dengan speedboat dari Pulau Pangempang ke arah barat, dapat ditemukan danau yang berisi ribuan ubur-ubur tanpa sengat. Ukuran danau tidak terlalu besar. Kondisi perairan agak gelap dengan jarak pandang sekitar 5 meter pada siang hari.

Dari pengamatan singkat dengan snorkeling ditemukan setidaknya 2 jenis ubur-ubur di sini, yaitu:  Mastigias papua ? dan Aurelia aurita. Di dasar danau banyak ditumbuhi algae terutama dari jenis Halimeda opuntia forma triloba dan Padina australis. Bermacam-macam sponges, kerang dan bintang mengular juga banyak ditemukan di dasar danau.

Agustus adalah puncak musim kunjungan wisatawan mancanegara ke Kepulauan Togean. Pak Uke’ yang menjadi pemandu kami menceritakan bahwa resort di Pulau Pangempang akan sesak oleh 300-an turis asing dari berbagai negara. Sebagian besar membawa tenda, karena jumlah kamar resort yang tak mencukupi.

Menurut Ibu Rahma, seorang bidan setempat, salah satu lokasi terbaik untuk menyelam dan Snorkeling di Kepulauan Togean adalah Tanjung Keramat di utara Pulau Waleabahi. Posisinya berada di sisi timur pulau. Hamparan terumbu karangnya yang luas dengan tepian pantai berpasir putih amat indah memanjakan mata.

Beberapa lokasi lain yang dapat dikunjungi di Kepulauan Togean adalah: Bolilanga Cottage di Pulau Bolilanga, Sifa Cottage di Waleakodi, Sunset Beach Cottage di Pulau Togean, Lestari Cottage di Pulau Malenge dan Waleabahi Cottage di Pulau Waleabahi.

Tanjung Api-dody94.wordpress.comGambar 9. Obyek Wisata Tanjung Api, Ampana. Bau serupa elpiji yang samar-samar tercium dan munculnya api secara tiba-tiba saat tanah berpasir dikorek dengan tongkat kayu mengindikasikan adanya sumber gas alam di daerah ini. Sumber: dokumentasi pribadi.

Salah satu lokasi yang menarik untuk dikunjungi adalah Tanjung Api. Obyek wisata ini terletak di Ampana dan tidak termasuk dalam wilayah Kepulauan Togean. Pengalaman unik yang dapat sobat temukan disini adalah munculnya api secara tiba-tiba saat kita mengorek tanah berpasir dengan tongkat kayu.

Berbicara tentang obyek wisata di Indonesia memang tak ada habisnya. Masih banyak potensi wisata di seluruh pelosok negeri  hingga kini yang belum dikembangkan.

Budaya melayani, pendidikan dan manajemen yang baik, dukungan infrastruktur, koordinasi antar departemen dan peningkatan kesadaran lingkungan, haruslah dibangun dan dikembangkan mulai dari sekarang, agar sektor pariwisata dapat memberikan manfaat lebih banyak bagi masyarakat.

Jangan sampai, kita hanya menjadi penonton yang melihat hilir mudiknya turis asing, menikmati keindahan negeri kita.

Pos ini dipublikasikan di Wisata dan tag , , , . Tandai permalink.