Mengenal jenis-jenis rumput laut Indonesia (1)

Pada edisi kali ini penulis akan memposting 4 seri tulisan tentang jenis-jenis rumput laut yang ada di Indonesia. Secara umum flora laut ini lebih dikenal dengan nama “lamun”. Akan tetapi, penulis memilih menggunakan istilah “rumput laut“, karena sebutan inilah yang sebenarnya lebih tepat. Jadi edisi tulisan kali ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan ganggang budidaya penghasil agar-agar.

Rumput laut (seagrass) dikenal sebagai satu-satunya tumbuhan berbiji (spermatophyta) yang sepenuhnya telah beradaptasi untuk hidup di laut. Meskipun bentuknya seperti rumput yang ada di darat, rumput laut memiliki hubungan kekerabatan yang lebih dekat dengan bunga lili dan jahe-jahean.

Hal ini dapat dilihat dari model rimpang (rhizoma) pada rumput laut yang menjalar, berkayu, menjadi tempat penyimpanan cadangan makanan dan tersembunyi di dasar perairan.

Secara umum, tumbuhan rumput laut dapat dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu: helaian daun, tangkai daun, batang tegak, batang menjalar (rimpang) dan akar.

seagrasswatcht.orgGambar 1. Bagian-bagian rumput laut. Sumber: seagrasswatch.org.

Saat ini tercatat sekitar 60 jenis rumput laut di seluruh dunia. Di Indonesia, dilaporkan terdapat sekitar 12-14 jenis rumput laut. Beberapa spesies diantaranya seperti Cymodocea rotundata, Enhalus acoroides, Halodule uninervis dan Thalassia hemprichii adalah jenis rumput laut yang paling umum (mudah ditemukan) dan tersebar luas.

Rumput laut ini seringkali tumbuh bersama-sama membentuk komunitas campuran hingga 7-8 spesies. Adapun jenis-jenis rumput laut yang dilaporkan ada di Indonesia adalah sebagai berikut:

Rumput Laut berujung bulat (Cymodocea rotundata).

Rumput laut berujung bulat termasuk salah satu jenis rumput laut yang paling melimpah dan tersebar paling luas di Indonesia. Rumput laut ini sering membentuk komunitas campuran bersama dengan jenis rumput laut lainnya.

CR-1

Gambar 2. Rumput Laut berujung bulat (Cymodocea rotundata). Sumber: wildsingapore.com.

Ciri utama Cymodocea rotundata ditandai dengan ujung daun yang membulat, kadang sedikit berlekuk. Bekas pelepah daun pada batang tersusun lebih rapat. Daun berukuran sedang dengan bentuk bervariasi. Seringkali memiliki penampilan yang sangat mirip dengan Halodule uninervis atau Rumput laut Dugong Thalassia hemprichii sehingga sulit diidentifikasi. Rumput laut berujung bulat tumbuh di perairan dangkal dengan substrat berpasir hingga berlumpur.

Rumput Laut Bergerigi (Cymodocea serrulata)

Rumput laut bergerigi ditandai dengan adanya barisan gerigi-gerigi halus pada ujung daun yang bulat. Pelepah daun khas, berbentuk segitiga berwarna kemerahan.

Daun umumnya berbentuk pita, sedikit melengkung dan lebih lebar dibandingkan dengan daun rumput laut berujung bulat. Kadang-kadang pada daun ditemukan corak belang-belang berwarna ungu kecoklatan.

CS-1

Gambar 3. Rumput Laut Bergerigi (Cymodocea serrulata). Sumber: wildsingapore.com.

Ciri khas lainnya dari rumput laut bergerigi adalah bekas pelepah pada batang tersusun lebih jarang dan terbuka dibandingkan dengan bekas pelepah rumput laut berujung bulat. Rumput laut bergerigi umumnya tumbuh pada substrat berpasir di perairan dangkal.

Seringkali membentuk komunitas campuran dengan rumput laut Tropika Enhalus acoroides dan rumput laut berujung bulat Thalassia hemprichii. Rumput laut ini tidak umum dan agak jarang ditemukan.

Rumput Laut Tropika (Enhalus acoroides)

Rumput laut Tropika adalah jenis rumput laut terbesar di Indonesia sehingga tidak mungkin salah dikenali. Rumput laut ini banyak ditemukan di perairan dangkal dengan substrat berpasir, namun tumbuh subur dan dominan pada substrat berlumpur. Rumpun rumput laut Tropika mendominasi perairan dangkal dan bersama-sama jenis rumput laut lainnya membentuk komunitas campuran.

EA-2

Gambar 4. Rumput Laut Tropika (Enhalus acoroides). Sumber: wildsingapore.com.

Daun rumput laut Tropika berbentuk pita memanjang berwarna hijau gelap. Sepanjang tepi daun terdapat sepasang rambut/serabut kaku yang berfungsi memperkuat struktur daun agar tidak mudah robek dan bisa berdiri tegak dalam kolom air. Posisi tegak sangat penting untuk memudahkan proses fotosintesis.

Berbeda dengan jenis lainnya, rumput laut Tropika melakukan pembuahan di permukaan air. Serbuk sari terapung-apung di permukaan air sebelum bertemu dan membuahi putik.

EA-1

Gambar 5. Rumput Laut Tropika (Enhalus acoroides). Sumber: wildsingapore.com.

Rimpang rumput laut tropika memiliki rambut-rambut hitam disebut fibrous bristleyang dulunya berasal dari sisa-sisa tepi daun yang telah tua dan kemudian membusuk.Rumput laut Tropika memiliki buah dan biji yang cukup besar. Bijinya dapat dimakan. Rimpang banyak mengandung karbohidrat sebagai tempat menyimpan cadangan makanan. Di beberapa daerah, rumput laut ini disebut Pama  atau Rondo.

Pos ini dipublikasikan di Flora dan tag , , . Tandai permalink.