Mengenal jenis-jenis rumput laut Indonesia (3)

Rumput Laut Sendok Kecil (Halophila minor).

Rumput laut Sendok Kecil termasuk rumput laut perintis yang tumbuh pertama kali di suatu daerah.Rumput laut ini menyukai daerah berpasir halus sebagai tempat hidupnya. Daun berukuran kecil dengan tangkai yang panjang dan tersusun berpasangan. Helaian daun biasanya robek dan berlubang-lubang.

HM-1

Gambar 1. Rumput laut Sendok Kecil (Halophila minor). Sumber: seagrasswatch.org

Rumput laut Sendok kecil tumbuh di tempat yang sangat dangkal dan tahan kekeringan. Seringkali, rumput laut ini tertimbun pasir yang dihempaskan ombak. Memiliki daya adaptasi yang tinggi dan tumbuh menyebar dengan cepat untuk menguasai daerah tepian pantai yang kosong. Rumput laut ini termasuk jenis yang mudah ditemukan di perairan dangkal, khususnya pantai berpasir putih di Indonesia.

Rumput Laut Sendok Biasa (Halophila ovalis).

Halophila ovalis adalah spesies rumput laut sendok yang paling umum di Indonesia. Jenis ini tumbuh di perairan pasang surut dan sering ditemukan berkelompok dengan jenis rumput laut lainnya.

HO-1

Gambar 2. Rumput laut Sendok Biasa (Halophila ovalis).

Ciri utama dari rumput laut ini adalah helaian daunnya yang berbentuk lonjong dengan pertulangan menyirip yang tegas. Kadang-kadang ditemukan rumput laut sendok  yang berdaun lebih pucat dengan pangkal daun dan tangkai daun berwarna merah muda.Jenis rumput laut ini sangat disukai oleh duyung.

Rumput Laut Sendok Dasar Keriting (Halophila spinulosa).

Rumput laut Sendok dasar keriting jarang ditemukan di Indonesia. Rumput laut ini memiliki tampilan yang indah dan sangat mudah dikenali. Daun tersusun menyirip, berselang-seling hingga mencapai 16-32 daun dalam satu batang tegak.

HALO SPIN-1

Gambar 3. Rumput laut Sendok Dasar Keriting (Halophila spinulosa).

Rimpang berwarna putih. Lebih sering ditemukan di daerah dengan substrat berpasir halus atau berlumpur. Jenis rumput laut ini pernah ditemukan di perairan Puntondo, Teluk Laikang, Sulawesi Selatan pada kedalaman 10 meter. Rumput laut ini banyak ditemukan di Bali dan Nusa Tenggara.

Rumput Laut Sendok Sulawesi (Halophila sulawesii)

Rumput laut Sendok Sulawesi adalah spesies rumput laut baru yang diberinama tahun 2007. Rumput laut ini sebelumnya dikenal sebagai Rumput laut sendok biasa Halophila ovalis yang hidup di perairan dalam.Secara umum ciri rumput laut ini mirip dengan rumput laut sendok biasa.

Perbedaan keduanya terletak pada posisi bunganya. Pada rumput laut sendok biasa (Halophila ovalis) bunga jantan dan bunga betina letaknya terpisah pada dua individu yang berbeda (berumah dua/dioecious). Sedangkan pada rumput laut sendok Sulawesi, bunga jantan dan betina berada dalam satu individu (berumah satu/monoecious), namun terletak pada ruas yang berbeda.

H-SUL-1

Gambar 4. Rumput laut Sendok Sulawesi (Halophila sulawesii). Sumber: Kuo (2007).

Hingga saat ini, sampel rumput laut Sendok Sulawesi hanya diketahui berasal dari beberapa pulau di Kepulauan Spermonde seperti Langkai, Lanyukkang dan Samalona. Tumbuh pada substrat berpasir yang banyak ditumbuhi karang Seriatopora dan Acropora di kedalaman 10-30 m.

Populasi rumput laut ini di Kepulauan Spermonde belum dapat dipastikan. Rumput laut Sendok Sulawesi merupakan satu-satunya spesies rumput laut endemik yang dimiliki Indonesia.

Pos ini dipublikasikan di Flora dan tag , . Tandai permalink.