Menikmati semilir angin Pantai Lakeba

Salah satu lokasi yang kami jelajahi di pulau Buton selain Pasarwajo adalah Bau-Bau. Di kota yang dulunya menjadi pusat pemerintahan kesultanan Buton ini banyak ditemukan tempat wisata menarik. Diantaranya adalah pantai Lakeba yang dapat ditempuh sekitar 30 menit dari pusat kota.

Pantai Lakeba terletak di Kelurahan Sulaa, Kecamatan Betoambari. Panjang pantai hampir mencapai 1 km. Pantainya berpasir putih, luas dan dangkal sehingga aman untuk berenang. Pohon Kelapa banyak tumbuh di sepanjang pantai.

Pantai Lakeba-1-dody94.wordpress.com

Gambar 1. Pantai Lakeba. Sumber: dokumentasi pribadi.

Di seputar pantai Lakeba banyak ditemukan Cafe-café, penginapan, rumah makan dan tempat Karaoke. Kawasan ini biasanya akan ramai saat akhir pekan. Kami memilih singgah di Lakeba Restaurant untuk menikmati keindahan pantai Lakeba dari atas dermaga yang ikonik dan instagrammable itu. Foto dermaga di Lakeba Restaurant ini banyak ditemukan di dunia maya.

Pantai Lakeba-2-dody94.wordpress.com

Gambar 2. Dermaga Pantai Lakeba. Sumber: dokumentasi pribadi.

Untuk wisata dengan keluarga atau rombongan, Lakeba Restaurant ini bisa menjadi pilihan. Menu makanan dan minuman yang ditawarkan cukup banyak dan bervariasi dengan harga terjangkau. Pelayanannya juga ramah. Privasi juga cukup terjaga.

Pantai Lakeba-3-dody94.wordpress.com

Gambar 3. Suasana di Lakeba Restaurant. Sumber: dokumentasi pribadi.

Beberapa Gazebo dengan meja dan kursi tersedia di tepi pantai. Mushola lengkap dengan sajadah dan air keran untuk berwudhu juga tersedia. Anak-anak juga lebih betah untuk berlibur di tempat ini karena fasilitas bermain seperti ayunan dan perosotan juga tersedia.

Saya dan beberapa teman menghabiskan waktu ditempat ini dengan makan siang, bertukar cerita dan berbaring di kursi panjang menikmati semilir angin pantai yang sejuk.

Pantai Lakeba-4-dody94.wordpress.com

Gambar 4. Menu (kiri), perosotan dan gazebo (kanan atas) dan plakat marmer (plakat bawah) di Lakeba Restaurant. Sumber: dokumentasi pribadi.

Dari plakat marmer yang terdapat di samping pintu masuk, kami mengetahui jika Lakeba restaurant ini diresmikan oleh Gubernur Sulawesi Tenggara tahun 2005 silam. Untuk mencapai lokasi ini dari pusat kota dapat menggunakan jasa ojek sebesar Rp 10.000-Rp. 20.000. Letak pantai Lakeba cukup dekat dengan bandara Betoambari.

Pantai Lakeba-5-dody94.wordpress.com

Gambar 5. Dermaga pantai Lakeba. Sumber: dokumentasi pribadi.

Untuk meningkatkan jumlah pengunjung, pemerintah daerah kiranya perlu menyediakan trayek angkutan kota. Di pintu masuk ke arah pantai Lakeba perlu diberi papan penunjuk jalan, agar pengunjung dari luar yang datang dengan rombongan tidak tersesat atau salah jalan.

 

Pos ini dipublikasikan di Laut dan tag , , , . Tandai permalink.