Ikan Selar Como (Atule mate)

Nama Lokal: Selar Como. Nama Inggris: yellowtail scad, northern yellowtail scad, one-finlet scad, deep trevally and omaka (Hawaii).

Deskripsi

Selar Como memiliki struktur tubuh berbentuk oval memanjang yang tidak terlalu pipih. Termasuk ikan berukuran kecil dengan panjang tubuh berkisar antara 15-30 cm. Warna tubuh bagian atas hijau zaitun terang dengan ekor kuning kehijauan. Sepanjang abdomen hingga rahang bawah berwarna keperakan (silvery).

Sembilan hingga enam belas garis-garis belang tebal keabu-abuan yang samar-samar berjajar di sepanjang sisi tubuh bagian atas. Satu bercak atau spot berwarna hitam yang besar terlihat jelas di tepi penutup insang (operkulum).

Gambar 1. Morfologi Selar Como

Mata berkembang baik dilindungi oleh lapisan lemak (adiposa) yang menyelubungi nyaris seluruh permukaan mata kecuali bagian celah tengah vertikal. Pangkal ekor dan tubuh bagian belakang diperkuat dengan sebaris deretan sisik tebal dan kasar disebut scutes.

Gurat sisi di depan bagian depan tubuh melengkung ke atas. Duri sirip anal dan sirip dorsal paling belakang memisah dan berdiri tegak seperti finlet pada ikan Cakalang.

Habitat-Sebaran

Selar Como tersebar luas di kawasan Indo-Pasifik barat mulai dari pantai selatan dan timur Afrika, Laut Merah, Teluk Persia, Teluk Benggala, perairan Indonesia, Australia Utara, Filipina, Jepang hingga Kepulauan Samoa dan Hawaii.

Gambar 2. Selar Como yang dijual di pasar tradisional Pulau Kabaena, Sulawesi Tenggara

Perilaku

Selar Como aktif pada siang hari (diurnal), seringkali mengunjungi kawasan mangrove, teluk dan pantai. Ikan ini umumnya menjelajah perairan dalam kelompok besar untuk mencari makan dengan cara menyaring air laut menggunakan mulut dan insang.

Saat menjelajahi perairan, ikan ini kerap bernaung di bawah kumpulan ubur-ubur atau struktur buatan manusia seperti dermaga, rumpon dan lain-lain.

Makanan utama Selar Como adalah zooplankton yang terdiri dari kopepoda, udang-udang kecil serta larva dan juvenil biota laut lainnya. Mangsa disaring menggunakan mulut dan tapis insang. Ikan ini mencari mangsanya dalam kolom air mulai dari daerah pantai yang dangkal sampai perairan pelagis dengan kedalaman hingga 80 m.

Gambar 3. Selar Como yang dijual di pasar tradisional pulau Kabaena, Sulawesi Tenggara

Nilai Ekonomi

Selar Como menjadi salah satu ikan target utama untuk ditangkap oleh nelayan di seluruh wilayah sebarannya. Ikan ini memiliki nilai ekonomis yang penting di Asia. Di Samudera Hindia, ikan ini hanya muncul pada bulan-bulan Januari hingga April. Namun di Teluk Thailand, ikan ini dapat ditangkap sepanjang tahun.

Di Indonesia dan Thailand, Selar Como umumnya ditangkap menggunakan jaring insang (gill net), pancing dan lain-lain. Bersama-sama dengan ikan kembung, Selar Como biasanya diolah lebih lanjut dengan cara direbus, dikukus dan digoreng.

Untuk meningkatkan harga jual, ikan ini juga sering diasinkan dan dikeringkan menjadi ikan peda yang lebih tahan lama.

Ikan Selar kering sangat populer di Pulau Jawa terutama di daerah pedesaan yang jauh dari laut. Ikan Selar kering yang dibakar langsung di bara api menghasilkan bau khas yang menggugah selera.

Pedagang ikan di pasar, seringkali mencampur Selar Como dengan Kembung Lelaki (ikan Banjar) untuk meningkatkan harga. Kadang-kadang ikan ini juga dipajang di dalam supermarket dengan sebutan Kembung Como.

Gambar 4. Selar Como. Perhatikan garis belang dan spot hitam yang terlihat jelas pada ikan yang baru ditangkap.

Status Konservasi

Selar Como termasuk jenis ikan yang cukup umum dan mudah ditemukan sehingga belum mendapat evaluasi secara khusus dari IUCN.

Ikan ini tidak termasuk dalam daftar Appendix CITES sebagai jenis fauna yang dilarang untuk diperdagangkan secara internasional. Selar Como juga tidak termasuk dalam spesies hewan yang dilindungi UU oleh pemerintah Indonesia.

Klasifikasi

Selar Como adalah satu-satunya spesies dalam marga Atule (monotipik) dalam keluarga ikan Kuwe. Ikan ini pertama kali dideskripsikan oleh George Cuvier, seorang naturalis berkebangsaan Perancis pada tahun 1833 untuk sampel ikan yang berasal dari Kepulauan Seychelles di Samudera Hindia.

Adapun klasifikasi Selar Como adalah sebagai berikut: Kingdom: Animalia; Phylum: Chordata; Kelas: Actinopterygii; Ordo: Carangiformes; Suku: Carangidae; Genus: Atule; Spesies: Atule mate G. Cuvier 1833.

Referensi:

Pos ini dipublikasikan di Laut dan tag , , , , , . Tandai permalink.